Selamat Tinggal Sepatu Bata, Pabrik Purwakarta Tutup Sepi Orderan

Salah satu pabrik sepatu milik PT Sepatu Bata Tbk (BATA) harus ditutup paksa. Pabrik tersebut di Purwakarta, Jawa Barat.

Informasi ini diuangkap dalam ketebukaan informasi yang disampaikan oleh Corporate Secretary BATA Hatta Tutuko kepada otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI). Disebutkan perusahaan tidak mampu lagi melanjutkan produksi di pabrik sepatu Purwakarta.

“Peseroan sudah tidak dapat melanjutkan produksi di pabrik Purwakarta,” info Hatta dalam keterangannya.

Hatta memberikan informasi bahaw pabrik tersebut kurang pesanan atau permintaan produksi dari pemasok lokalnya di Indonesia.

Permintaa yang sedikit membuat biaya produksi lebih besar daripada pemasukan, sehingga menyebabkan pabrik tersebut harus terpaksa ditutup.

“Karena permintaan pelanggan terhadap jenis produk yang dibuat di Pabrik Purwakarta terus menurun dan kapasitas produksi pabrik jauh melebihi kebutuhan yang bisa diperoleh secara berkelanjutan dari pemasok lokal di Indonesia,” ujar Hatta.

Dia menambahkan bahwa perusahaan sudah berusaha untuk mempertahankan operasional semua sentra produksinya termasuk pabrik sepatu di Purwakarta.

Namun di tengah kerugian perusahaan dan tantangan industri alas kaki yang semakin merajalela, perusahaan sudah tidak bisa lagi bertahan ditengah persaingan ketat yang ada.

“PT Sepatu Bata Tbk telah melakukan berbagai upaya selama empat tahun terakhir di tengah kerugian dan tantangan industri akibat pandemi dan perubahan perilaku konsumen yang begitu cepat,” imbau Hatta.

“Sepatu Bata” adalah merek sepatu yang cukup terkenal. Mereka terkenal dengan kualitasnya yang baik dan desain yang stylish. Selain itu, Bata juga dikenal karena memiliki berbagai macam jenis sepatu untuk segala usia dan kebutuhan, mulai dari sepatu formal hingga sepatu olahraga. Sepatu Bata sering menjadi pilihan bagi banyak orang karena kombinasi antara kenyamanan dan gaya yang mereka tawarkan.

Untuk mengatasi persaingan ini, Sepatu Bata mungkin mengandalkan beberapa strategi, seperti:

– Inovasi Produk

– Pemasaran yang Efektif

– Pemahaman Pelanggan

– Kualitas yang Konsisten

– Ekspansi Pasar: Mengeksplorasi pasar baru baik di dalam negeri maupun internasional untuk meningkatkan pangsa pasar.

Tapi semua usaha yang dilakukan tidak sesuai dengan harapan.

Kalian pasti ingin atau pernah beli sepatu Bata yang pada jamannya sangat terkenal untuk anak sekolah dan untuk para wanita saat berpergian.